- Tituit

Kamis, 10 Mei 2012

Figur Presiden Teladan Dan Tersederhana

Siapa yang tak mengenal sosok dari presiden iran saat ini Mahmoud Ahmadinejad.Kehidupan pribadinya yang sangat sederhana banyak dikagumi oleh  umat muslim dan non muslim.Berikut hasil wawancara yang diliput oleh TV Fox (AS) :"Saat anda melihat cermin setiap pagi,apa yang anda katakan pada diri anda ?.Jawabnya "saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya "ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan,hari didepanmu penuh dengan tanggung jawabyang berat untuk melayani rakyat Iran.
Berikut ulasan tentang sosok Ahmadinejad
  1. saat pertama kali menduduki kantor kepresisenan ,Ia menyumbangkan seluruh karpet istana Iran yang sangat mahal kepada masjid-masjid di Teheran dan menggantinya dengan karpet biasa .
  2. Ia mengamati bahwa ada ruangan besar untukl menerima tamu VIP,lalu ia memerintahkan untuk menutup ruangan tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan dua kursi kayu,meski sederhana tetapi tetap terlihat impresive.
  3. Di banyak kesempatan Ia bercenkrama dengan petugas kebersihan di sekitarrumah dan kantor kepresidenan.
  4. Di bawah kepemimpinannya ,saat ia meminta menteri-menterinya untuk datang kepadanya dan akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisi arahan-arahan darinya.Arahan tersebut terutama sekali menekankanuntuk hidup sederhanadan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya diawasi dengan ketat,sehingga para menteri tersebut berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantor dengan aman.
  5. Langkah pertamanya adalah mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari mobil PEUGEOT 504 tahun 1977,sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran.Rekening banknya bersaldo minimum dan satu-satunya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.Gajinya sebagai dosen di universitas senilai us$250.7
  6. Presiden masih tinggal di rumahnya sendiri,walaupun ia seorang presiden dari negara yang penting baik secar strategis,ekonomis atau politis belum lagi secara minyak dan pertahana keamanan.Bahkan ia tidak mengambil gaji seorang presiden,alasannya bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia hanya bertugas untuk  menjaganya.
  7. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yang sela;u ia bawa setiap hari berisi sarapan :roti isi atau roti keju yang disiapkan oleh istrinya.Ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.
  8. Ia juga mengubah kebijakan pesawat terbang kepresidenan diganti menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya.ia meminta terbang dengan pesawat biasa kelas ekonomi.
  9. Ia kerap mengadakan rapat dengan para menteri untuk mendapatkan info tentang efisiensi kegiatan yang dilakukan dan ia memotong protokoler istana sehingga para menteri dapat langsung masuk ke ruangan tanpa hambatan.ia juga menghentikan kebiasaan upacara seperti sesi foto,atau publikasi pribadi atau hal lain saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.
  10. Saat harus menghinap di hotel,ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar ,karena ia tidak suka tidur diatas kasur,tetapi suka tidur di lantai beralaskan selimut atupun karpetPresiden Iran ini juga tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawalnya .
  11. Sepanjang sholat ,anda dapat melihat bahwa tidak di baris paling muka,bahkan ketika suara adzan berkumandang ,ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa.
Semoga kisah diatas dapat menjadi teladan bagi para pemimpin dan semua masyarakat pada umumnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar